Virus adalah suatu program yang mempunyai kemampuan yang bisa merusak file mapun merusak system computer.
Virus ini mempunyai beberapa jenis yaitu :

  1. Virus Filevirus ini cara kerjanya yaitu menginfeksi aplikasi/dokumen di computer anda. apabila aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dan menginfeksi seluruh file/dokumen yang diakses ole aplikasi tersebut.
  2. Virus Boot Sector Virus ini cara kerjanya yaitu menginfeksi boot sector harddisk. Jika virus ini aktif, user tidak akan bisa membooting komputernya.
  3. Virus E-mail Virus ini cara kerjanya yaitu menyebar melalui e-mail. Virus ini memiliki ciri-ciri yang khusus berupa ekstensi ,scr, exe, pif, dan bat.
    jika virus ini aktif, maka virus tersebut akan mengirimkan virus-virus ke alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat user.
  4. Virus Multipartite Virus ini cara kerjanya yaitu menginfeksi file yang ada di computer dan juga juga boot sector pada harddisk.
  5. Virus Polimorfis Virus ini cara kerjanya yaitu bisa mengubah kode saat menyebarkan diri ke computer lain.
  6. Virus Siluman (stealth virus) Virus ini cara kerjanya yaitu bisa mampu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.
  7. Virus Makro Virus ini cara kerjanya yaitu menginfeksi file seperti aplikasi Microsoft office,microsoft word, dan microsoft excel.

0 komentar:

Posting Komentar